Wednesday 13 April 2011

Tak Perlu Takut UN

JAKARTA - Akhir-akhir ini berkembang keresahan di kalangan pendidik atas rencana pemberlakuan lima paket soal dalam pelaksanaan ujian nasional (UN). Sebagian guru khawatir, sistem itu tidak memenuhi asas keadilan dalam tingkat kesulitan soal.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Djemari Mardapi menyatakan, kekhawatiran itu tidak beralasan karena paket soal UN yang disiapkan telah setara tingkat kesulitannya.

"Tidak perlu takut UN, yang penting adalah kita menaati peraturan, dan percaya pada kemampuan diri sendiri," kata Djemari ketika dihubungi okezone, Rabu (13/4/2011).

Dia menambahkan, siswa yang telah mempersiapkan diri dengan baik pasti akan beruntung dalam mengerjakan soal UN. "Sekali lagi, jangan ditakut-takuti," katanya menegaskan.

Djemari berharap, hasil UN tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Menurutnya, hasil UN akan memperlihatkan peta pendidikan nasional. "Dari peta tersebut akan terlihat mana daerah yang kualitas pendidikannya masih minim. Mereka nanti akan kami bantu," imbuhnya.

Bantuan tersebut, kata Djemari, bisa diberikan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan daerah yang bersangkutan. Misalnya, pelatihan guru serta perbaikan sarana dan prasarana. (rfa)(rhs)

Sumber : OkeZone

No comments:

Post a Comment

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | MGMP MATEMATIKA SMP DKI JAKARTA Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building